Shalat Tahajud Padahal Sudah Shalat Tarawih Berjamaah??

YUK BAGIKAN:

Jika ingin shalat malam / tahajud padahal sudah shalat tarawih berjamaah bersama imam

JIKA SESEORANG KEMBALI MENGERJAKAN SHALAT MALAM (TAHAJJUD) PADAHAL SUDAH TARAWIH DI AWAL MALAM, APAKAH PERBUATAN TERSEBUT MENYELISIHI SUNNAH?

Pertanyaan:

"Seorang dari Yaman _barakallahu fihi_ bertanya : Wahai Syaikh kami yang mulia, Saya mengerjakan shalat tarawih bersama imam di sebuah Masjid hingga selesai bersamanya.

Sebagaimana yang telah shahih dari Rasulullah ﷺ bahwa itu akan dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh (karena telah dikerjakam bersama imam hingga selesai, pen)

Jika saya kembali mengerjakan shalat malam (Tahajjud) pada malam itu juga di sepertiga malam akhir, apakah perbuatan saya ini menyelisihi sunnah? Beri kami penjelasan tentang permasalahan ini."

J a w a b a n :

"Pertanyaan ini sangat jeli.
Yang demikian itu karena Nabi ﷺ pernah shalat bersama para shohabatnya hingga selesai. Lalu para shahabat bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana jika Anda melanjutkan shalat malam bersama kami pada sisa waktu di malam ini? Beliau ﷺ menjawab:

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

"Barang siapa berdiri bersama imam (dalam shalat Tarawih) hingga selesai bersamanya, maka dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh."

(Dalam hadits ini) Nabi ﷺ TIDAK membimbing mereka agar mengerjakan shalat lagi di akhir waktu malam.

Disini terdapat petunjuk, bahwa YANG LEBIH UTAMA adalah seorang mencukupkan dengan shalat yang telah dia kerjakan bersama imam.

Pertanyaan dari orang yaman ini sangat selaras dengan apa yang disebutkan dalam hadits ini.

Maka dikatakan kepadanya: Yang utama bagimu adalah engkau mencukupkan dengan shalat Tarawih yang telah engkau kerjakan bersama imam hingga selesai bersamanya, karena barang siapa berdiri mengerjakan shalat malam/Tarawih bersama imam hingga selesai bersamanya, maka dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh.

Tetapi jika dia ingin kembali mengerjakannya lagi di akhir waktu malam, maka tidak dosa atasnya insya Allah.

Dalam kondisi ini, maka hendaknya dia mengerjakan shalatnya dengan cara shalat dua raka'at-dua raka'at hingga terbit fajar (tiba waktu shubuh).

Sumber: "Fatawa Nur 'ala ad-Darb" no: 273. | Unduh versi suara di sini: http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_273_04.mp3

•••••
@ManhajulAnbiya | http://www.manhajul-anbiya.net
Sumber gambar : Pixabay

~~~~~~~~~~~~~~~~~

LEBIH UTAMA MENCUKUPKAN DENGAN SHALAT TARAWIH YANG TELAH DIKERJAKAN BERSAMA IMAM**


Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

[ Pertanyaan ]

Seorang dari Yaman barakallahu fihi bertanya: Wahai Syaikh kami yang mulia, Saya mengerjakan shalat tarawih bersama imam di sebuah masjid hingga selesai bersamanya. Sebagaimana yang telah shahih dari Rasulullah -ﷺ- bahwa itu akan dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh (karena telah dikerjakam bersama imam hingga selesai, pen). Jika saya kembali mengerjakan shalat malam (tahajjud) pada malam itu juga di sepertiga malam akhir, apakah perbuatan saya ini menyelisihi sunnah? Beri kami penjelasan tentang permasalahan ini.

[ Jawaban ]

Pertanyaan ini sangat jeli. Yang demikian itu karena Nabi -ﷺ- pernah shalat bersama para shahabatnya hingga selesai.

Lalu para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimana jika Anda melanjutkan shalat malam bersama kami pada sisa waktu di malam ini?”

Beliau menjawab: “Barang siapa berdiri bersama imam (dalam shalat tarawih) hingga selesai bersamanya, maka dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh.”

(Dalam hadits ini) Nabi -ﷺ- tidak membimbing mereka agar mengerjakan shalat lagi di akhir waktu malam. Di sini terdapat petunjuk, bahwa yang lebih utama adalah seorang mencukupkan dengan shalat yang telah dia kerjakan bersama imam.

Pertanyaan dari orang yaman ini sangat selaras dengan apa yang disebutkan dalam hadits ini.

Maka dikatakan kepadanya: “Yang utama bagimu adalah engkau mencukupkan dengan shalat tarawih yang telah engkau kerjakan bersama imam hingga selesai bersamanya, karena barang siapa berdiri mengerjakan shalat malam/tarawih bersama imam hingga selesai bersamanya, maka dituliskan untuknya pahala shalat malam semalam penuh.”

Tetapi jika dia ingin kembali mengerjakannya lagi di akhir waktu malam, maka tidak dosa atasnya insya Allah. Dalam kondisi ini, maka hendaknya dia mengerjakan shalatnya dengan cara shalat dua raka'at-dua raka'at hingga terbit fajar (tiba waktu shubuh).

Sumber: [Fatawa Nur 'ala ad-Darb, no: 273]

📀[ Video ] https://youtu.be/Nu8cEd4-0KQ
🌏[ URL ] http://www.alfawaaid.net/2016/06/video-lebih-utama-mencukupkan-dengan.html

₪ Dari Channel Telegram @ManhajulAnbiya

**Dengan sedikit penyesuaian Judul dari Admin
※•┈┈┈┈•••Edisi•••┈┈┈┈┈•※
IIII مجموعة الأخوة السلفية •✦• MUS IIII
ⓣ https://t.me/ukhuwahsalaf

➥ #VideoFawaid #Fiqih #Ibadah #shalat #tarawih #mencukupkan_shalat_bersama_imam

KOMENTAR

BLOGGER

Nama

Adab-Akhlak,105,Akhirat,10,Akhwat,68,Aqidah,200,Arab Saudi,15,Audio,27,Bantahan,78,Bid'ah,37,Biografi,7,Cerita,9,Cinta,7,Dakwah,16,Doa Dzikir,24,Ebook,8,Fadhilah,42,Faedah Ringkas,17,Fiqih,189,Ghaib,10,Hadits,81,Haji-Umroh,7,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,78,Inspiratif,23,IT,9,Janaiz,5,Kata Mutiara,109,Keluarga,99,Khawarij,20,Kisah,89,Kontemporer,101,Manhaj,83,Muamalah,26,Nabi,6,Nasehat,303,Poster,5,Puasa,33,Qurban,16,Ramadhan,25,Rekaman,1,Remaja,85,Renungan,9,Ringkasan,84,Sahabat,14,Sehat,31,Sejarah,18,Shalat,89,Syiah,24,Syirik,1,Tafsir,23,Tanya Jawab,371,Tauhid,11,Tazkiyatun Nafs,48,Teman,11,Thaharah,11,Thallabul Ilmi,67,Tweet Ulama,3,Ulama,18,Ustadz Menjawab,1,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy: Shalat Tahajud Padahal Sudah Shalat Tarawih Berjamaah??
Shalat Tahajud Padahal Sudah Shalat Tarawih Berjamaah??
Jika ingin shalat malam / tahajud padahal sudah shalat tarawih berjamaah bersama imam
https://1.bp.blogspot.com/-wEmEfSNKdF0/WTyfhYzUcfI/AAAAAAAABYo/5XvkX2ExxTk9vuZtWKHy3H4t6cllIRvSgCLcB/s400/startrails-485598_640.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wEmEfSNKdF0/WTyfhYzUcfI/AAAAAAAABYo/5XvkX2ExxTk9vuZtWKHy3H4t6cllIRvSgCLcB/s72-c/startrails-485598_640.jpg
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy
http://www.happyislam.com/2017/06/shalat-tahajud-padahal-sudah-shalat-tarawih-berjamaah.html
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/2017/06/shalat-tahajud-padahal-sudah-shalat-tarawih-berjamaah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Afwan tidak nemu LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All BACA LAGI BIAR TAMBAH FAQIH || FAEDAH LAIN KLIK SIMBOL -> LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Afwan, tidak nemu ! Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab JanuarI Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy