Sebab-sebab Istiqomah di Atas Hidayah (Al-Haq)

YUK BAGIKAN:

Cara agar kita istiqomah di atas al haq, jalan kebenaran, konsisten di atas hidayah Islam Sunnah

 5 SEBAB ISTIQOMAH DI ATAS HIDAYAH

 Berikut ini adalah sebab-sebab istiqomah di atas hidayah Allah Subhanahu wa Ta'ala:

1. Berdo'a dengan penuh kesungguhan, terkhusus pada waktu-waktu mustajab. 

Seperti di akhir malam, di antara adzan dan iqomat, di penghujung shalat, ketika sujud, pada hari jum'at, saat khatib naik mimbar hingga shalat selesai dikerjakan.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits qudsi, "Allah berfirman,

استهدوني أهدكم

"(Wahai hamba-Ku, kalian semua adalah orang-orang yang tersesat kecuali yang aku berikan petunjuk kepadanya) maka mintalah petunjuk kepada-Ku niscaya aku berikan petunjuk kepada kalian."

2. Banyak membaca al-Qur'anul Karim dan mentadabburi maknanya, karena Allah menjadikannya sebagai sebab hidayah. 

Allah berfirman,

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ

"Sesungguhnya al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus." (QS. Al-Isra':7)

Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman,

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء

"Katakanlah (hai Muhammad), Al-Qur'an itu bagi orang-orang yang beriman adalah petunjuk dan obat (penyembuh)." (QS. Fushilat:44)

3. Mempelajari sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dan sejarah perjalan hidup beliau, demikian pula siroh para shahabat dan para ulama'. 

4. Berteman dengan orang-orang shalih dan yang baik perangainya, 

Allah berfirman,

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَن تَابَ مَعَكَ وَلا تَطْغَوْا إنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ * وَلا تَرْكَنُوا إلَى الَذِينَ ظَلَمُوا فَتَمَسَّكُمُ النَّارُ

"Maka istiqomahlah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu, dan (juga) orang yang telah taubat bersamamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka." (QS. Huud:112-113)

5. Menghadiri majelis ilmu dari ahlinya dan para ulama yang dikenal dengan kebaikan.

Demikianlah 5 sebab yang kami sarikan dari fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah. Dengan menerapkan sebab-sebab tersebut, biidznillah seseorang akan senantiasa istiqomah di atas jalan yang lurus hingga ia bertemu dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, kemuliaan diri, dan kecukupan
..............

Sumber:  www.binbaz.org.sa/noor/8516
Diterjemahkan oleh: Tim Warisan Salaf
#Fawaidumum #dzikir #keutamaandzikir
〰〰➰〰〰
Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Sebab-sebab Istiqomah di Atas Hidayah (Al-Haq)
Sumber gambar: https://pixabay.com/en/background-frame-food-kitchen-cook-1932466/

SEBAB-SEBAB ISTIQOMAH DI ATAS AL-HAQ

Pada hari Rabu, 2 Jumadal Akhirah 1435 H pukul / Ahad, 2 April 2014 M, asy-Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad an-Najmi hafizhahullah dalam Muhadharah “Asbab ats-Tsabat ‘ala al-Haq” (Sebab-sebab agar Kokoh di atas al-Haq) memberikan beberapa poin faedah tentang bagaimana istiqomah diatas jalan hidayah :


1. Perhatian terhadap al-Qur`an al-Karim, membacanya, menghafalnya, dan mengamalkannya.

2. Iman kepada Allah dan Amal Shalih.

3. Mentadabburi Kisah-Kisah para Nabi, dan Mempelajarinya

4. Menghadap kepada Allah dengan Doa, memohon agar dikokohkan di atas Agama-Nya

Seorang hamba hendaknya senantiasa berdoa memohon kepada Rabb-nya siang dan malam agar dikokohkan di atas agama-Nya hingga akhir hayat.

5. Senantiasa berdzikir (mengingat) Allah.

6. Berdakwah ke Jalan Allah dan menyebarkan ilmu. 

Ini adalah tugas para rasul dan para pengikut rasul. Apabila seseorang bersemangat untuk menyampaikan hidayah kepada makhluk, maka balasannya sesuai dengan jenis amalnya, yaitu hidayah untuknya dan tambahan kekokohan di atas agama.

7. Teman yang shalih. 

Berteman dan duduk bersama 'ulama, orang shalih, dan kaum mukminin. Ini merupakan di antara sebab terbesar yang bisa membantu seseorang untuk kokoh di atas al-Haq.

JAUHILAH orang-orang yang lalai hatinya, dan para pengekor hawa nafsu, yaitu orang-orang yang lebih mendahulukan hawa nafsunya di atas kebenaran, mendahulukan bid'ah di atas kebenaran.

Di antara SEBAB KOKOH DI ATAS AGAMA ALLAH, bergaul bersama orang-orang yang beribadah kepada Allah, duduk bersama mereka, dan bergaul bersama mereka. Di antara SEBAB MENYIMPANG DARI AGAMA ALLAH, bergaul dengan ahlul ahwa' dan ahlul bid'ah.

Para 'ulama Ahlus Sunnah menegaskan, "Jangan duduk bersama ahlul bid'ah, MESKIPUN DIA MENAMPAKKAN PEMBELAAN TERHADAP SUNNAH."

Sebagian Salaf mengatakan, "ORANG YANG DUDUK BERGAUL DENGAN AHLUL BID'AH LEBIH BERAT TERHADAP KAMI DIBANDINGKAN AHLUL BID'AH-nya." Karena mengakibatkan adanya pengaburan dan terkecohnya umat.  

8. Percaya dan yakin akan janji dan pertolongan Allah. 

Bahwa Allah pasti akan membela, menolong, dan memenangkan hamba-hamba-Nya yang beriman. Ini merupakan cara Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam menguatkan dan mengokohkan hati para shahabatnya. 

Ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyaksikan kondisi para shahabatnya yang ditindas dan disiksa oleh orang-orang kafir Quraisy (yakni pada awal-awal Dakwah di Makkah). Maka sebagian shahabat mengeluh kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan mohon didoakan kepada Allah. Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menegaskan, 

"Demi Allah, Dia pasti akan menyempurnakan urusan (agama)ini, sehingga para pengendara berjalan dari Shan'a menuju Hadramaut tidak takut sama sekali kecuali hanya kepada Allah. Namun kalian kaum yang terburu-buru."

Wahai Ahlu Sunnah, janganlah kalian gentar karena jumlah kalian yang sedikit. Teruslah kalian kokoh di atas agama Allah, teruslah kalian mempelajari ilmu dan menyebarkannya, serta mendakwahkan sunnah. Dengan itu kalian akan memperoleh kebaikan yang sangat banyak.

Perhatikan perjalanan para 'ulama Salaf, sebagian mereka meninggal di penjara. Namun setelah itu, justru kitab-kitab hasil karya mereka tersebar luas. Demikian pula ilmu mereka tersebar luas. Dan kita hingga hari ini bisa merasakan kebaikan-kebaikan mereka.

9. Sabar. 

Ini merupakan di antara sebab terbesar untuk bisa kokoh di atas agama ini. Maka ahlul haq dan ahlus sunnah, hendaknya dia kokoh di atas agama Allah, sabar menghadapi berbagai gangguan dan resiko, bersemangat untuk tetap berdakwah dengan hikmah dan mau'izhah hasanah.

10. Merenungkan kenikmatan-kenikmatan jannah (surga) dan adzab neraka. 

Serta mengingat mati. Dengan itu, seseorang akan sadar bahwa dunia ini hanyalah hari-hari yang singkat. Tidak tertipu dengan dunia ini. Sementara kehidupan yang kekal adalah kehidupan akhirat.

11. Beramal dengan ilmu

Tulisan ini bersumber dari web http://www.manhajul-anbiya.net/sebab-sebab-istiqamah-di-atas-al-haq/

KOMENTAR

BLOGGER

Nama

Adab-Akhlak,105,Akhirat,10,Akhwat,68,Aqidah,200,Arab Saudi,15,Audio,27,Bantahan,78,Bid'ah,37,Biografi,7,Cerita,9,Cinta,7,Dakwah,16,Doa Dzikir,24,Ebook,8,Fadhilah,42,Faedah Ringkas,17,Fiqih,189,Ghaib,10,Hadits,81,Haji-Umroh,7,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,78,Inspiratif,23,IT,9,Janaiz,5,Kata Mutiara,109,Keluarga,99,Khawarij,20,Kisah,89,Kontemporer,101,Manhaj,83,Muamalah,26,Nabi,6,Nasehat,303,Poster,5,Puasa,33,Qurban,16,Ramadhan,25,Rekaman,1,Remaja,85,Renungan,9,Ringkasan,84,Sahabat,14,Sehat,31,Sejarah,18,Shalat,89,Syiah,24,Syirik,1,Tafsir,23,Tanya Jawab,371,Tauhid,11,Tazkiyatun Nafs,48,Teman,11,Thaharah,11,Thallabul Ilmi,67,Tweet Ulama,3,Ulama,18,Ustadz Menjawab,1,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy: Sebab-sebab Istiqomah di Atas Hidayah (Al-Haq)
Sebab-sebab Istiqomah di Atas Hidayah (Al-Haq)
Cara agar kita istiqomah di atas al haq, jalan kebenaran, konsisten di atas hidayah Islam Sunnah
https://2.bp.blogspot.com/-_FqomVPbOgI/WJUniOXKR3I/AAAAAAAALI4/4BscltZLs8shHKx7dEEExyO2mY5RNFdsQCK4B/s1600/tomat-di-meja.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_FqomVPbOgI/WJUniOXKR3I/AAAAAAAALI4/4BscltZLs8shHKx7dEEExyO2mY5RNFdsQCK4B/s72-c/tomat-di-meja.jpg
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy
http://www.happyislam.com/2017/02/sebab-sebab-istiqomah-di-atas-hidayah.html
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/2017/02/sebab-sebab-istiqomah-di-atas-hidayah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Afwan tidak nemu LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All BACA LAGI BIAR TAMBAH FAQIH || FAEDAH LAIN KLIK SIMBOL -> LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Afwan, tidak nemu ! Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab JanuarI Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy