Macam & Hukum-hukum Thawaf di Baitullah (Ka'bah)

YUK BAGIKAN:

MACAM-MACAM THOWAF DI BAITULLAH - HUKUM-HUKUM SEPUTAR THOWAF DI BAITULLAH AL HAROM

MACAM-MACAM THOWAF DI BAITULLAH


Thowaf ada yang dihukumi sebagai rukun dalam ibadah haji dan umroh, ada pula yang dihukumi wajib dan ada pula yang dihukumi sunnah mustahabbah.

1⃣ Adapun thowaf yang dihukumi sebagai rukun ada dua :

A. Thowaf Ifadhoh yang disebut pula dengan Thowaf Haji dan Thowaf Ziaroh.

Waktu yang paling afdhol dilakukannya thowaf ini ialah pada hari 'idul adha setelah melempar jamroh 'aqobah dan menyembelih binatang al hadyu serta menggundul atau mencukur rambutnya sebagaimana ini dilakukan oleh nabi صلى اللّٰه عليه وسلم.

Dan jika ia meninggalkan muzdalifah setelah waktu tengah malam karena adanya udzur lalu ia thowaf maka thowafnya sah.

Dan jika ia mengakhirkan thowafnya dan melakukannya setelah hari 'id maka thowafnya sah.

B. Thowaf Umroh yang merupakan rukun dalam ibadah umroh.

Maka ibadah haji dan ibadah umroh tidaklah sempurna kecuali dengan menunaikan thowaf ini.

2⃣ Thowaf yang dihukumi wajib yaitu Thowaf Wada'(perpisahan) yang dilakukan setelah selesai melakukan manasik haji bagi orang yang hendak safar.

Adapun wanita haidh dan nifas maka kewajiban thowaf ini gugur dari keduanya sebagai bentuk keringanan dan kasih sayang Allah berdasarkan hadits Ibnu Abbas رضي اللّٰه عنه beliau berkata :

((أمر الناس أن يكون آخر عهدهم بالبيت إلا أنه خفف عن المرأة الحائض))

"Manusia diperintah agar menjadikan thowaf di baitullah sebagai akhir urusan mereka hanya saja wanita haidh diberikan keringanan". Muttafaqun ala shihhatih.

3⃣ Thowaf Tathowwu' dan Nafilah yaitu selain thowaf diatas dihukumi sunnah mustahabbah kecuali Thowaf Qudum bagi jamaah Haji Ifrod dan Haji Qiron maka hukumnya wajib menurut sebagian ulama dan sunnah mustahabbah menurut jumhur ulama.

Maka barangsiapa yang berada di Makkah dan mendapati keluasan waktu maka sebaiknya ia memperbanyak dari melakukan Thowaf Nafilah dikarenakan thowaf merupakan ibadah yang tidaklah dilakukan kecuali di Makkah berbeda halnya dengan sholat dan ibadah lainnya yang mungkin dilakukan di tempat selain Makkah.

Sumber artikel : Khutbah tertulis syaikh Ali Bin Yahya Al Haddady حفظه اللّٰه yang berjudul "Min Ahkamit Thowaf Bil Baitil Harom".

http://www.haddady.com/من-أحكام-الطواف-بالبيت-الحرام-خطبة/

telegram.me/dinulqoyyim

Macam-macam Thawaf di Baitullah, Mekkah
Sumber gambar: Pixabay

HUKUM-HUKUM SEPUTAR THOWAF DI BAITULLAH AL HAROM


1⃣ Diantara hukum-hukum seputar thowaf ialah disyariatkan bersuci ketika hendak thowaf dikarenakan nabi صلى اللّٰه عليه وسلم melakukan thowaf dalam keadaan suci.

Maka hendaknya seorang muslim berhati-hati terlebih dalam hal thowaf yang dihukumi rukun sehingga ia menunaikan ibadahnya secara yakin.

2⃣ Diantara hukum-hukum thowaf ialah hendaknya orang yang melakukan thowaf untuk menjadikan Baitullah di samping kirinya, jika ia melakukan thowaf dengan menjadikan Baitullah di samping kanannya maka tidak sah thowafnya.

3⃣ Diantara hukum-hukum seputar thowaf ialah disunnahkan melakukan idhtiba' pada Thowaf Qudum dan Thowaf Umroh yaitu menyingkap bahu kanan dan menutup bahu yang kiri.

Kebanyakan dari jamaah haji menyingkap bahu kanannya semenjak ia melakukan ihrom dari miqot dan ini menyelisihi sunnah.

Apabila telah selesai dari melakukan Thowaf Qudum dan Thowaf Umroh maka ia mengembalikan posisi pakaiannya sebagaimana semula yaitu menutupi kedua bahunya.

4⃣ Diantara hukum-hukum seputar Thowaf Qudum dan Thowaf Umroh ialah ia melakukan Ar Roml pada tiga putaran pertama.

Ar Roml ialah mempercepat dalam berjalan disertai mendekatkan langkah-langkah kaki.

5⃣ Diantara hukum-hukum seputar thowaf ialah mencium Hajar Aswad atau menyentuhnya dengan tangannya atau menyentuhnya dengan sesuatu yang dipegang oleh tangannya seperti tongkat kemudian mencium tangannya atau tongkatnya atau ia menunjuk dari jauh ke arah Hajar Aswad tersebut dan tidak mencium tangannya jika ia menunjuk kepadanya dengan tanpa menyentuhnya.

6⃣ Diantara hukum-hukum seputar thowaf ialah menyentuh Rukun Yamani dengan tanpa menciumnya dan tanpa menunjuk kepadanya dari jauh apabila ia tidak mampu menyentuh Rukun Yamani tersebut.

Dan disyariatkan seseorang ketika berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad untuk mengucapkan :

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Apabila ia selesai dari melakukan thowaf maka disyariatkan baginya untuk melakukan sholat dua rokaat di sisi Maqom Ibrohim yang pada rokaat pertama ia membaca surat Al Kafirun setelah membaca Al Fatihah dan pada rokaat kedua ia membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah.

Sumber artikel : Khutbah tertulis syaikh Ali Bin Yahya Al Haddady حفظه اللّٰه yang berjudul "Min Ahkamit Thowaf Bil Baitil Harom".

http://www.haddady.com/من-أحكام-الطواف-بالبيت-الحرام-خطبة/

telegram.me/dinulqoyyim

KOMENTAR

BLOGGER

Nama

Adab-Akhlak,105,Akhirat,10,Akhwat,68,Aqidah,200,Arab Saudi,14,Audio,27,Bantahan,78,Bid'ah,37,Biografi,7,Cerita,9,Cinta,7,Dakwah,16,Doa Dzikir,24,Ebook,8,Fadhilah,42,Faedah Ringkas,17,Fiqih,189,Ghaib,10,Hadits,81,Haji-Umroh,7,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,77,Inspiratif,23,IT,9,Janaiz,5,Kata Mutiara,109,Keluarga,99,Khawarij,20,Kisah,89,Kontemporer,101,Manhaj,83,Muamalah,26,Nabi,6,Nasehat,303,Poster,5,Puasa,33,Qurban,16,Ramadhan,25,Rekaman,1,Remaja,85,Renungan,9,Ringkasan,84,Sahabat,14,Sehat,31,Sejarah,18,Shalat,89,Syiah,24,Syirik,1,Tafsir,23,Tanya Jawab,371,Tauhid,11,Tazkiyatun Nafs,48,Teman,11,Thaharah,11,Thallabul Ilmi,67,Tweet Ulama,3,Ulama,18,Ustadz Menjawab,1,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy: Macam & Hukum-hukum Thawaf di Baitullah (Ka'bah)
Macam & Hukum-hukum Thawaf di Baitullah (Ka'bah)
MACAM-MACAM THOWAF DI BAITULLAH - HUKUM-HUKUM SEPUTAR THOWAF DI BAITULLAH AL HAROM
https://2.bp.blogspot.com/-Jl0SgEhU61s/V7mnzcv1OMI/AAAAAAAAJN0/6PVS6u7g2cMfUn-LvXPiGv4JrTAa0yZgQCK4B/s320/thawaf.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Jl0SgEhU61s/V7mnzcv1OMI/AAAAAAAAJN0/6PVS6u7g2cMfUn-LvXPiGv4JrTAa0yZgQCK4B/s72-c/thawaf.jpg
Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy
http://www.happyislam.com/2016/08/macam-hukum-hukum-thawaf-di-baitullah.html
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/
http://www.happyislam.com/2016/08/macam-hukum-hukum-thawaf-di-baitullah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Afwan tidak nemu LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS View All BACA LAGI BIAR TAMBAH FAQIH || FAEDAH LAIN KLIK SIMBOL -> LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Afwan, tidak nemu ! Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab JanuarI Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy